Kamis, 11 September 2008

(sharing) : APAKAH PERCERAIAN AKAN MENINGGALKAN PARUT DALAM KEHIDUPAN ANAK2 KITA ?


 

Dear friends,
 
Sungguh sedih dan prihatin setelah membaca email Mba Dina tentang si bungsu yang jadi sakit2 an merindukan ayahnya.  10 tahun yang lalu putri saya juga mengalaminya. 
Dengan tetap menghargai pilihan-pilihan yang berbeda, karena kehidupan ini milik banyak orang, serta tidak menempatkan pilihan lain inferior dan meletakkan pilihan diri sendiri superior, ada pembelajaran yang saya dapatkan untuk case ini yaitu :
 
1.    Sejujurnya permasalahan anak2 korban perceraian maupun anak2 yang masih hidup dalam lingkungan keluarga utuh, more less hampir sama.  Tapi karena kita terbebani status sebagai pasangan bercerai maka semua perilaku yang mengkhawatirkan dari mereka, langsung kita hubungkan dengan issue "divorce". Dengan tidak menafikkan bahwa karena perceraian maka masalah2 tadi jadi timbul, maka akan lebih fair kalau kita memilah2nya.
 
2.    Pertanyaan berikutnya (jawabannya yang selama ini sangat kita yakini adalah "YA") : apakah perceraian akan meninggalkan bekas luka dalam kehidupan anak2 kita?.  Padahal ternyata adalah : Hal itu tidak akan terjadi - jika - hanya jika -  kita dan ex- tidak membiarkan itu terjadi. Konon katanya, bagaimana cara kita meng"handle" perceraian kita, sangat mempengaruhi seberapa panjang "derita" yang akan ditanggung oleh anak2 kita.
 
3.    Kita dan ex adalah role model pertama dan sangat penting untuk anak2.  Jika kita bersikap sebagai "korban" dan selalu menyalahkan perceraian yang terjadi, maka konsekuensinya anak2 pun menjadi percaya bahwa mereka juga "korban".  Tentu saja ini akan menjadi tidak sejalan dengan prinsip dasar perceraian bahwa yang bercerai kan cuma si suami dengan si istri.  Kita tidak pernah bercerai dari anak2 kita.  Keadaan ini berada dalam zona "bahaya".
 
4.    Kita dapat mengurangi bahaya tadi dengan memperlihatkan kepada anak2 bahwa : "ya, perceraian itu menyakitkan, tapi itu adalah jalan yang diperlukan."  Ketika kita memperlihatkan kepada anak2 bahwa kesulitan2 dalam perceraian (misalnya : ga ketemu ayah/ibu, ga punya duit untuk beli susu, pengen di gendong ayah, kangen di peluk ibu, dlll..) adalah tantangan  yang harus dihadapi bukan kesulitan yang harus dihindari, maka kita akan menanamkan one of the most important positive lessons in their lives.  Kita bisa menunjukkan bahwa perceraian adalah "hanya satu" dari berjuta2 kesulitan yang nantinya harus mereka hadapi dalam kehidupan, seperti : sakit, kecelakaan, kematian, bencana alam, tidak bisa masuk sekolah favorit, pengangguran dll. Maka sangat penting kita memperlihatkan kepada anak2 bagaimana cara kita menghandle problem2 pasca perceraian dengan piawai.
 
5.    Dari media maupun "divorce" experts seringkali membanjiri diri kita dengan statement "bahwa tidak dapat dielakkan bahwa perceraian menimbulkan traumatis pada anak".  Yuk, kita tinggalkan paradigma ini.  Banyak hal2 di dunia ini selain perceraian yang juga bisa menimbulkan traumatik pada diri anak2 - hanya jika hal itu kita ijinkan terjadi -. 
 
6.    Masih ingatkan karet gelang ? Pada waktu pertama kali kita tarik (agak sulit dan terasa melawan), tapi lama-kelamaan karet gelang tadi akan jadi kendur dan lebih lentur.  Begitu juga jiwa anak2 kita.  Insya Allah, mereka akan keluar dari "kesengsaraan" bersamaan banyak nya mereka diharuskan menghadapi masalah demi masalah.
 
7.    Saya yakini, semua orang tua, punya cita2 sama.  Punya anak2 yang tumbuh kuat, berbudi pekerti, sukses dunia akhirat.  Untuk mendapatkan anak2 demikian, para orang tua seyogyanya harus meng-empower- diri sendiri sehingga dapat menjadi role model yang kompeten, yang bisa membawa anak2 kepada masa depan yang lebih baik.  Amien.
 
Sekian dulu ya. 
Maafkan segala kekurangan.
Salam manis,
Baby
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
__._,_.___

=================================================

Kalau anda butuh bantuan / sedang bingung sekali, jangan sungkan. Silahkan hubungi email/YM siapapun di milis ini. Hidup itu sangat berharga.

Komunitas Indo Single parents Blog : http://indosingleparent.blogspot.com/
Nomor Telepon Milis : (021) 9955.3893






Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Facebook