Rabu, 10 September 2008

[artikel] Ibu Depresi Cendrung Memiliki Anak yang Cinta Kekerasan



 

Artikelnya comotan dari teman ;p


===============
Ibu Depresi Cenderung Memiliki Anak yang Cinta Kekerasan

Sebuah studi baru menemukan bahwa anak dari serang ibu yang mengidap depresi pasca persalinan akan menjadi anak yang menyukai kekerasan di usia 11 tahun. Para peneliti mengkaji lebih dari 120 keluarga yang tinggal? di bagian selatan London. Para ibu diwawancara? selama kehamilan dan tiga bulan kemudian pasca melahirkan.

Mereka juga diwawancara saat anaknya berusia 1,4 dan 11 tahun. Para ibu, guru dan anak diberi pertanyaan mengenai gejala-gejala kekerasan saat anak berusia 11 tahun.

Hasil dari studi tersebut menunjukkan sebagian besar anak tidak menunjukkan kekerasan Namun demikian para peneliti menemukan bahwa anak dari ibu yang mengalami depresi di bulan-bulan awal kelahiran lebih ?keras? dibandingkan anak lain. Korelasi ini khususnya tampak saat ibu mengalami depresi tiga bulan pasca kelahiran dan setidaknya sekali lagi setelah itu. Kekerasan tampak lebih umum pada anak laki-laki usia 11 tahun dibandingkan anak perempuan, sebagian besar melibatkan perkelahian dengan teman sebayanya.

Para peneliti menyatakan depresi ibu dan kekerasan anak? dikaitkan denga ketidakmampuan anak untuk mengatur perhatian dan emosi.? Penelitian sebelumnya menemukan bahwa masalah pengaturan perhatian dan aktivitas dan pengelolaan kemarahan? serta respon terhadap frustasi dikaitkan dengan perilaku kekerasan dan berbagai jenis gangguan perilaku merusak.

Peneliti mengatakan mereka tidak tahu pasti mengapa ibu depresi lebih cenderung memiliki anak yang menyukai kekerasan.? Mereka mengatakan bahwa faktor biologis bias memegang peran utama. Dr. Hay, kepala peneliti mengatakan mungkin juga bayi dengan temperamen yang sulit mencetuskan depresi pada ibu dan kekerasan yang dilakukan anak kelak kemudian sepenuhnya menjelaskan faktor yang sudah ada sebelumnya? pada diri si anak.


Tidak ada komentar:

Facebook