Senin, 29 September 2008

BAGAIMANA KALAU SINGLEMOM ????


 
Menjadi orangtua tunggal memiliki kelebihan dan kekurangan ………
Kelebihannya adalah kita ga perlu menahan diri menghadapi adanya perbedaan yang standart atau bertengkar dengan pasangan. Tau ga … kita adalah BOSS! Banya singlemom mengatakan hidup mereka jadi jauh lebih mulus. Tapi disisi lain, banyak hal misal menerapkan disiplin – menjadi tugas berat bila dilakukan sendiri.
Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, kayaknya kita bakalan sampai pada tiitk ketika kita perlu menerkan anak-anak dengan sikap yang “tegas” dan yang pasti jangan menyerah.

Nah kekurangannya ... buat kalian yang singlemom, coba diingat2 bahwa anak-anak harus berulang kali diingatkan agar ga kelewatan, heeee …. Demi kepentingan kita,  juga buat anak sendiri.
Tau ga seh …. Sangat melelahkan.
Sepertinya sampai pada usia tertentu , terutama anak laki-laki akan susah diatur apa lagi oleh single mom. Ada suatu kebutuhan biologis dalam diri anak laki-laki untuk mengalami konflik yang keras, sehingga mereka perlu berkali-kali dan dengan agak keras dikendalikan samapi mereka perlu belajar mengendalikan sendiri tenaga serta dorongan membandelnya … nah setelah itu mereka baru bias bergaul dengan muluzzz.. bersama anak-anak lain.
Anak laki-laki kayaknya selalu bersikap pengen bikin gara-gara – terkadang mereka baru tenang pas kita meladenin keinginannya. Dan … saat-saat seperti ini sosok ayah akan banyak membantu lho!

Sosok ayah dan sosok ibu merupakan 2 jenis masukan yang berbeda yang sebenernya dibutuhkan anak untuk dapat tumbuh dengan baik.
Jaman feminis sekarang ini, perempuan dan lelaki tidak terlalu berbeda. ( hhmmm .. ) perempuan bisa melakukan apa yang dilakukan laki-laki juga sebaliknya .. ( hihihi .. kecuali yang biologis kan ??!)
Bedanya… laki-laki lebih gampang bersikap keras terhadap anak, ibu tunggal yang membersarkan anak sendirian bisa mengatasi masalah kekerasan ini. Kadang2 menghadapi sifat suka berkelahi yang ditunjukan anak dibutuhkan banyak energi karena dituntut unsure kelaki-lakian, dan … repotnya untuk ibu tunggal ga bisa langsung memenuhinya.
Seorang ibu tunggal harus berlatih ( ups !! ) … bisa bersikap keras tapi tetap jaga agar tidak kehilangan rasa sayang serta kemampuannya mencipta suasana nyaman.

Moga ini berguna ya ….



Tidak ada komentar:

Facebook