Jumat, 31 Oktober 2008

"Almarhum/Almarhumah" dan "Mantan". Apa bedanya ?

Dear teman-teman,

 

Dibawah ini adalah sekelumit perbincang2an saya di confi room kemarin, yg saya copy + paste langsung saja dibawah ini.

 

"----sampai sini, topik agak melenceng dikit, tapi gak papa------

 

G:                                sebenarnya ya, kalo aku pikir2 ya, sebutan "mantan" buat janda yg ditinggal mati, kurang tepat lho

G:                    yg tepat itu, almarhum

G:                                sebutan "mantan" itu buat janda cerai, krn si suami memang sudah jadi mantan / bekas suami si Gaby, misalnya

G:                                tapi bagi janda ditinggal mati, kan tidak ada istilah "bekas" bagi mereka, krn mereka masih berhubungan baik, hanya dipisahkan oleh maut aja

D:        mba gaby.. bener banget..

G:                    jadi istilah "mantan/bekas" kurang tepat buat janda yg ditinggal mati

D:        aku gak pernah menyebut ayahnya tasha dengan "mantan"

G:                    jadi mestinya, pakai istilah "almarhum"

D:        dan aku pernah protes ke temen.. karena dia bilang " din.. mantan suamimu"

D:        aku bilang.. "bukan mantan..!!.."

G:                                karena alm. suami dina, bukanlah bekas suami, wong... sampai meninggalnya, kalian masih berstatus suami dan istri

D:        iya mba...

D:        dan kalo aku ditanya.."mana ayahnya tasha.."

D:                                aku sering nya menjawab,, dengan menunjuk tangan ke atas.. dan ku bilang.." udah pulang duluan.."

D:        hehehh.. awalnya mereka bingung..

D:        pulang kemana..??

D:        jarang ku bilang.." suami ku dah meninggal..?

G:                                mungkin ada baiknya, dimulai dari milis kita dulu, istilah antara "almarhum" dan "mantan" digunakan ya

 

====================================================

 

 

Tidak ada komentar:

Facebook