Jumat, 18 Juli 2008

Alergi Susu

Anak saya (si Tengah, waktu itu 2.5 thn) yg alergi susu.
Mula2 saya tidak tahu, dan saya berikan susu Enfa. Lalu tiap malam, batuk2 ngekel selama 1 jam nonstop, kasian banget liatnya, batuk ngekel sampai tuh anak kecapean sendiri gara2 batuknya. Tapi kalau pagi, siang sampai sore, tidak batuk sama sekali. Makan juga Ok, dan setiap siang tuh anak OK. Badan gak panas. Tapi asal menjelang tidur malam, jam 10an deh, batuknya mulai deh.
 
DSA nya kemudian test alergi, dan ternyata alergi susu, dan susunya harus ganti ke HA, dan waktu itu, susu yg punya HA, hanya NAN. DSA bilang nanti semakin gede, alerginya bisa hilang dgn sendirinya, dan saya disarankan coba kembali susu enfa nya, dan dilihat apakah batuknya kumat lagi ? Kalau masih kumat, balik lagi ke NAN HA.
 
Dan kata DSA ku, alergi susu, berarti semua yg dari susu, yaitu : mentega, coklat, es krim, keju, tidak boleh. Tapi kadang, saya suka tetap berikan keju dan es krim dan coklat, tapi sedikit aja. Dan alhamdulilah, gak batuk tuh malemnya.
 
Tapi yg cilaka, di sekolahnya, suka ada promosi susu, dan dibagikan secara gratis secangkir kecil pada tiap anak, dan anak saya juga ambil tuh, dan malamnya langsung kumat batuknya. Saya sampai menyalahkan pembantu yg pasti nih salah ambil kaleng susu. Mungkin susu si bungsu (Enfa) buat si Tengah. Maklum anak ada 3, jadi ada 3 merk susu yg berbeda2 di rumah. Untung, anaknya akhirnya ngaku cobain susu promosi di sekolah. Ampun deh ! Sejak itu, aku beritahukan anakku, kalau dia itu alergi susu, jadi jangan minum susu sembarang.
 
Si Tengah sekarang udah 6.5 thn, dan masih alergi susu. Saya udah coba ganti NAN HA nya ke Dancow (lebih murah bow ! Siapa yg pelit ternyata ya ?), tapi ternyata batuknya kumat lagi. Jadi, masih NAN HA deh.
 
Memang sih, kalau ngedot susu malam, katanya (katanya ya, aku jg gak tau kata siapa sebenarnya), bikin gigi rusak, tapi kan anak2 masih gigi susu, yg pada akhirnya jg akan copot lah satu persatu. Jadi I dont bother myself lah about that. Sebenarnya, setiap kali habis minum susu, suruh minum air putih 1-2 teguk, tujuannya buat kumur. Tapi anak 2 thn, mana bisa kumur ? Jadinya diminum aja, biar larutan susu yg nempel di gigi, bisa tertelan, jadinya gak bikin gigi rusak.
 
 

----- Original Message ---- 
 Subject: Re: [Komunitas Singleparent] SUSU-

dear xoxo..

iya bener dia alergi susu sapi.. tapi koq kalo minum susu full cream punya aku dan makan keju gak papa yah? kelebihan berat  sih enggak karena badannya bongsor ,dokter di Retno dan RS Cinere  juga gak pernah bilang kalo berat dan tingginya bagus
makannya gampang sih Xo..tergantung mood nya dia apa saat itu .. dan lumayan terbantu dengan Pesan delivery,aku ngurangin susu karena kuatir kalo ngedot malam akan merusak gigi..bener gak sih itu?

--- On Thu, 17/7/08, xoxo Cancan <xoxocancan@yahoo. com> wrote:
From: Date: Thursday, 17 July, 2008, 8:50 PM

Dear Brave,

 

Anaknya ada alergi ya ? Kok minumnya susu NAN HA (Hypo Allergenic) ?

 

Kenapa susunya mau dikurangi ? Kalau ingin mengurangi susu, sebaiknya anak dibikin kenyang dgn makanan padatnya. Kalau dia kenyang kan gak minta susu.

 

Si bungsu saya, 2.5 thn, juga lagi ingin dikurangi susunya, dan dgn cara membuatnya kenyang. En toh, masih jg minta susu kalau tidur malam, dan saya berikan mula2 150 cc saja ! Tapi setelah 150 cc ini habis, langsung minta susu lagi, dan saya bikinkan lagi 150 cc. Dan habis lagi ! Jadi, 2 x 150 cc, yg diminum secara berturut2. Tapi habis 150 cc yg kedua, langsung pulas tidur sampai pagi !

 

Kadang anak ini, cuman pengen ngedotnya aja sih, tapi ngedotnya maunya susu, gak mau cuman ngempeng doang. Saya jg pernah sih kasih air putih aja, tapi ngamuk malah.

 

Sebelum saya bikinkan susunya, saya tawarkan roti tawar (tanpa selai apa2, hanya selembar roti tawar saja), atau biskuit cracker, dgn harapan nih anak mau roti, dan lupa sama susunya. Kadang saya berhasil, tapi kadang juga tidak.
 
Anak saya sih hanya minta susu kalau ngantuk, mau tidur. Tapi kalau lagi aktif bermain, ya tidak minta susu.
 
Jangan pelit2lah sama anak kalau soal susunya. Nanti ada saatnya dimana anak itu sulit sekali disuruh minum susu, bahkan suapin makanpun, juga susahnya minta ampun, sampe jutek2 nyuapinnya. Selama belom kelebihan berat, kasih aja ! Tanya sama DSA nya coba, apa anak anda kelebihan berat apa tidak.
 
 
----- Original Message ----
From:

dear all..

putra saya usia 2 tahun -18 agustus besok, berat 20kg,tinggi 94cm..
susunya Nestle NAN H.A 2
perkembangannya baik.. namun yang menjadi pertanyaan ,bagaimana supaya
susunya bisa dikurangi ,selama ini dia tiap (tidur jam 18 dan bangun
jam 5.00) tidur malam selalu nge dot.. pernah saya tuker air mineral
,dia malah nangis dan terbangun.. akhirnya saya mengalah lagi..
sekarang ini saya sudah mengurangi susunya dari 90mlx 7 menjadi 60ml x
6 botol .. Mohon masukannya dari temen2




Not happy with your email address?
Get the one you really want - millions of new email addresses available now at Yahoo!


__._,_.___

=================================================

Kalau anda butuh bantuan / sedang bingung sekali, jangan sungkan. Silahkan hubungi email/YM siapapun di milis ini. Hidup itu sangat berharga.

Komunitas Indo Single parents Blog : http://indosingleparent.blogspot.com/






Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Facebook