Kamis, 04 September 2008

[Artikel] Permainan tradisional untuk bayi



 
wah...mostly itu lagu2nya Giza [anakku] heheh...
2 mata sy, pok ame2, kepala pundak, kidang talun, neng nong neng gung dsb....

[selain lagu2nya Teletubbies ma Barney lah...standard pokok-e hehehe]

___________________________________________________________________________




 

Permainan tradisional untuk bayi
Sumber: Ibu-ibu DI

Tanya

Ibu yg baik, ada yang masih ingat atau masih mempraktekan permainan yang bisa kita lakukan sama bayi kita, yang khas indonesia. Mudah-mudahan mengerti apa yang aku maksud, bingung aku mendeskripsikannya, contoh permainan yang aku maksud misalnya kita mainin jari-jari kita sambil menyanyikan lagu-lagu tertentu. Kalau ada cerita ya bu, aku sudah lupa, sementara di kursus yang aku ikuti dengan bayiku harus menyumbang permainan dan karena aku dari indonesia, mereka mau yang khas Indonesia, terima kasih [Ec]

Jawab

Kalau main + menyanyi "pok ame ame" bisa juga atau "kepala-pundak-lutut-kali" tapi yang dipegang bagian tubuh bayi [MY]

Coba nyanyikan saja lagu "ibu jari", ini laguku waktu TK, tapi sepertinya buat bayi juga bisa dipraktekkan. Lagunya kalau tidak salah begini; (Ini mainnya sambil menggoyangkan jari-jari yang dimaksud, dua tangannya dikepal jadi 1, semoga mengerti ya, bu)
/ Ibu jari berkata
/ Telunjuk yang pertama
/ Jari tengah kedua
/ Ketiga memakai cincin
/ Yang kecil jari kelingking
/ La..la..la..la..HORE!! (terus kitanya sambil loncat-loncat)

yang lain, "pok ame ame" dimana kitanya sambil tepuk tangan

/ Pok ipok ame-ame
/ Belalang kupu-kupu
/ Bertepok biar rame
/ Abis nangis mimik Cucuuu...(hehehe..)

kalau ibuku yang menyanyi ada terusannya tapi palembang sekali, semoga membantu ya [Dn]

kalau cublek-cublek suweng bisa tidak atau sluku-sluku bathok yang pakai mbungkuk-mbungkuk begitu [EP]

wah jadi ingat, sudah sebulanan ini, tiap malam aku sama anak-anak selalu main cublak cublak suweng ini sebelum tidur, sekarang anakku yang kedua(16bln), kalau kakaknya bilang 'dek, main cublak2 suweng yuk' pasti langsung tengkurap siap untuk main. Herannya, anakku yang pertama (3th5bln) sekarang hafal lagunya cublak2 suweng, sluku2 bathok dan sekarang bertambah lagu bang bang tut (isi lagunya menebak  siapa yang kentut). kecuali permainan tersebut, sekarang anak pertamaku baru aku ajari main jamuran, cuma aku sendiri agak-agak lupa syairnya [Lik]

jamuran itu nyanyinya sambil berdiri berkeliling dan pegangan tangan yaa (tapi kalo bayi bagaimana berdirinya ?) ada lagi dan ini bisa dilakukan sambil tiduran lagu tentang kidang (ini sambil mainin jari di bayangan lampu) jempol berdiri dan 4 yang lainnya tidur-jadi seperti bayangan kijang lagunya begini:

kidang talung, mangan kacang talung
mil ketemil mil ketemil
si kijang mangan lembayung
(nadanya...wahh harus lewat telepon sepertinya ya)

Terus satu lagi Seleburrr..Seleburr..
Tri mantri bla..bla..bla...[AMY]

Kepala Pundak Lutut Kaki-Lutut Kaki
Daun Telinga Mata Hidung dan Pipi
*diulang-ulang sambil dipraktekan*

Topi Saya Bundar, Bundar Topi Saya
Kalau Tidak Bundar, Bukan Topi Saya

Pok ame ame, belalang kupu-kupu
siang makan nasi kalo malam minum susu
susunya di mana, susunya di sini..ni..ni..
*sambil megangin susu (dada) si anak* [AMY]

Dua mata saya,
Hidung saya satu,
Dua kaki saya,
Pakai sepatu baru

Dua telinga saya,
Yang kiri dan kanan,
Satu mulut saya,
Tidak berhenti makan...
[Arn]

Vocabulary tambahan;
"neng nung neng gung, pak bayaaan... sego jagung 'ra doyaaaan"
[NS]

Tidak ada komentar:

Facebook