Sabtu, 24 April 2010

Sharing : Anak jadi pemberontak

From: Diana Ekawati ymail.com>
Date: Tue, 30 Mar 2010 20:35:22 -0700 (PDT)
To: yahoogroups.com>
Subject: [ISP] anak menjadi "pemberontak"

Dear friends,
Baru seminggu ini saya kembali bekerja menjadi pegawai di kantor orang lain. Putri bungsu saya (7 th), yg sejak lahir hingga seminggu yll selalu bersama saya (dia slalu ikut saya ke kantor), kini selalu merengek, gak mau ditinggal. Setiap jam, dia selalu menelpon ke hp sy. Dia menjadi "pemberontak" terhadap pembantu di rumah. Memang pekerjaan di kantor sangat banyak dan sering membuat saya pulang larut malam.
Sempat terpikir untuk menambah seorang pembantu lagi yg hanya khusus untuk menemani dan mengurus keperluan dia. Tapi apakah itu menyelesaikan masalah ?
Saya sangat mencintai anak2 dan tidak pernah terpikir untuk menyerahkan pembantu untuk mengurus mereka, tapi keadaanlah yang memaksa saya.
Mohon saran teman2.

Date: 03/31/10 16:20:51
Subject: Re: [ISP] anak menjadi "pemberontak"

Dear Mba Diana,

Hal yang serupa pernah aku alamin ktika aku kerja di jkt, trus Keisya tinggal di Bandung bersama ortuku... Ktika itu akupun kaget, knapa tiba2 Keisya jadi berubah banget... Setiap dibilangin pasti dia melawan...

Sebagai contoh, 'Keisya jangan naek2 lemari, nanti jatuh trus sakit..'
Dia bilang, 'Gpp, teita mau sakit aja! Biar bapak nemenin Teita di rumah, ga usah k jkt lagi.'

Nah, loooo...
Akhirnya aku putuskan untuk balik ke Bandung lagi, sempat kerja buka usaha di rumah, jadi bisa maen stiap saat dengan Keisya, bisa meluangkan waktu lumayan banyak untuk Keisya...
Tapi sifat membangkangnya masih tetap ada, dan rasa2nya itu sikap wajar untuk anak sebesar itu, sedang berusaha melawan sgala macem nasihat, atau sedang mencari tahu knapa ko sperti ini ga boleh? Apa akibatnya kalo tidak menuruti nasihat orang tua...

Jadi bukan karena faktor ditinggal atau faktor dibesarkan oleh siapa tapi emang itu sedang masa2nya mencari tahu knapa ko ga boleh? Knapa ko harus seperti ini... Ada beberapa pertanyaan, seperti:
- Bapak, kalo makan sambil duduk, makanannya masuk ke mana? 'Perut, donk'... Kalo makan sambil bdiri makanannya masuk ke mana? 'Perut juga'.. Kalo sambil lari2, makanannya masuk ke mana? 'Ya ke perut juga'.. Tapi knapa ga boleh makan sambil lari2? Seperti itulah anak seusia anak2 kita, mba...

Saran dari aku sih, dititipin ke nenek atau ke kakeknya di saat Mba Diana sedang pergi bekerja, jangan pake pembantu... Sejak aku cerai, semua baby sitter aku cabut, karena aku ga mau figur ibu yang dicontoh oleh Keisya itu sosok baby sitternya... Ga usah trlalu khawatir, mba... Mba konsen saja kerja di kantornya, jangan lupa tuk selalu menelfon anak di saat jam makan siang, di saat sore, dan di saat jam makan malem... Atau kalo telat pulang, dibiasakan untuk selalu memberi tahu anak trlebih dahulu...

Semoga membantu, mba...
Maaf kalo ada salah2 kata, ini hanya sharing pengalaman pribadi aku aja...

Regards,
DiscHo


Komunitas Single ParentDibuat untuk mendukung milis indosingleparent@yahoogroups.com

1 komentar:

Ayah mengatakan...

waaaahhh... Senangnya.... Ga nyangka tulisan gue dipajang di sini....

hahahaha... Makasih, jull...

Facebook