Sabtu, 24 April 2010

Lelaki bijak


Dikisahkan ada seorang yang sedang bertanya ke orang bijak….Pak….., Terus terang , saya merasa kehidupan dunia ini hampa, tidak ada yang istimewa dan layak disyukuri.

.. ."" Saya tidak puas atas apa yang saya miliki, istri, pekerjaan, kehidupan, kemampuan serta fisik yang saya miliki sepertinya tidak sesuai harapan. Saya selalu merasa menjadi orang yang kekurangan"

"Lalu ? " orang bijak tersebut tersenyum dan mendengarkan keluhan lelaki ini." Semakin kuat saya berusaha untuk merubah keadaan, semakin banyak kekecewaan yang saya rasakan. " Katanya menunduk".

"Ya...aku mengerti apa yang kau alami dan itu manusiawi.. " Kata orang bijak itu sambil tersenyum. "

sekarang aku akan ambil satu kertas putih kosong dan aku tunjukkan padamu ... nah, apa yang kamu lihat ? "

"Aku tidak melihat apa-apa... semuanya putih," jawab lelaki itu.Sambil mengambil spidol hitam dan membuat satu titik ditengah kertasnya Lelaki bijak itu berkata,

"Nah.. sekarang aku telah beri sebuah titik hitam diatas kertas itu, sekarang yang kamu lihat?"."Saya melihat satu titik hitam! "

"Pastikan lagi !", timpal orang bijak tersebut

"titik hitam ! ", Jawabnya yakin.

"Sekarang aku tahu penyebab masalahmu. Kenapa engkau hanya melihat satu titik hitam saja dari kertas tadi? cobalah rubah sudut pandangmu,Menurutku yang kulihat bukan titik hitam tapi tetap sebuah kertas putih meski ada satu noda didalamnya, aku melihat lebih banyak warna putih dari kertas tersebut tetapi engkau hanya melihat hitamnya saja dan itu pun hanya setitik ?". Jawab lelaki tersebut .

"Sekarang mengertikah kamu ? Dalam hidup, bahagia atau tidaknya hidupmu tergantung dari sudut pandangmu memandang hidup itu sendiri, jika engkau selalu melihat titik hitam tadi yang bisa diartikan kekecewaan, kekurangan dan keburukan dalam hidup maka hal-hal itulah yang akan selalu hinggap dan menemani dalam hidupmu ..

From : Cahyo Dwi

Komunitas Single ParentDibuat untuk mendukung milis indosingleparent@yahoogroups.com

Tidak ada komentar:

Facebook